by

Kabag Humas: Media Cetak Tetap Eksis

Kabag Humas Pacitan

Pacitannews – Bergesernya animo pembaca dari media cetak ke media online, sebagai imbas kemajuan teknologi gadget, mungkin sempat membuat kegalauan beberapa perusahaan media koran ataupun tabloid. Khususnya media-media menengah yang selama ini tengah berkembang mencari segmen pasar. Namun kegamangan tersebut, sempat dimentahkan, Andi T. Faliandra, Kabag Humas dan Protokol, Setkab Pacitan, kemarin (25/12).

Andi menegaskan, dibeberapa negara Asia, seperti halnya Jepang, Korea, serta China, minat masyarakat untuk mengakses perkembangan informasi melalui media cetak, justru terus mengalami peningkatan. Bahkan disejumlah Negara-Negara Eropa, tidak terkecuali Amerika Serikat, segmen baca media cetak, justru terus berkembang. Indikator itu terlihat dari banyaknya roplah penjualan. “Menurut kami, media cetak tetap saja eksis. Bahkan dinegara majupun, perkembangan media koran atau sejenisnya lebih bergerak masif,” ujar mantan Kabag Organisasi, Setkab Pacitan itu, kemarin.

Terkait perkembangan teknologi gadget yang menyasar hingga pelosok desa, Andi meyakini, tidak akan mengikis minat baca masyarakat terhadap berita-berita di koran ataupun tabloid-tabloid sejenisnya. Dunia telepon seluler dengan aplikasi-aplikasi software sangat canggih, dan fitur menggiurkan, memang sempat menyedot daya tarik calon user. Khususnya kalangan remaja, mahasiswa dan anak-anak. Namun, menurutnya, dengan dunia digital digenggamannya, mereka sejatinya demen berselancar di dunia maya, bukan untuk mengakses berita-berita online. Akan tetapi untuk membuka fitur-fitur game atau sosial media. Seperti Black Berry Messenger (BBM), Face Book, line, atau lainnya. “Sehingga saya sangat optimistis, media cetak tetap akan dicari oleh pembaca,” tutupnya. (yun).

Comment

News Feed