by

UI Selenggarakan ICACSIS 2018 (Konferensi Internasional Bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi)

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyelenggarakan konferensi internasional yang menghadirkan para peneliti, profesional, mahasiswa serta pakar di bidang ilmu komputer dan sistem informasi dari dalam dan luar negeri. The 10thInternational Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) 2018 berlangsung pada tanggal 27 – 28 Oktober 2018 di Yogyakarta.

ICACSIS 2018 akan dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018 pkl 08.30 WIB oleh Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D dan Ketua Umum ICACSIS 2018, Yudho Giri Sucahyo, Ph.D serta turut menghadirkan Keynotes Speakers yaitu Assoc. Prof. Sherah Kurnia (University of Melbourne), Betty Purwandari, Ph.D (Universitas Indonesia), Prof. Fumihito Arai (Nagoya University), Prof. Toshio Fukuda (Beijing Institute of Technology and Meijo University), dan Prof. Subhas Chandra Mukhopadhyay (Macquarie University). Rangkaian acara terbagi menjadi Plenary Speech, Parallel Sessions, dan Doctoral Consortium. ICACSIS menjadi wadah bagi peserta untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan informasi terkini mengeni metodologi, teori, aplikasi dalam tujuh bidang penelitian antara lain:

  • Reliable Software Engineering;
  • Information Management;
  • Information Retrieval;
  • Digital Library & Distance Learning;
  • E-Government & E-Business;
  • Computer Network, Architecture & High-Performance Computing; dan
  • Machine Learning & Computer Vision.

Doctoral Consortium merupakan salah satu agenda baru dalam rangkaian kegiatan ICACSIS, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Doktor (S3) untuk menggali dan mengembangkan penelitiannya dari para pakar bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Melalui doctoral consortium ini diharapkan peserta memperoleh pandangan terkini terkait penelitian yang sedang dilakukan, baik kolaborasi penelitian maupun dukungan sumber data atau biaya penelitian, serta membuka peluang kolaborasi dengan para pakar yang hadir di ICACSIS 2018.

Pada tahun ini, sebanyak 136 makalah (paper) yang berasal dari berbagai negara terkumpulkan untuk proses seleksi, dengan 83 paper diantaranya berhasil lolos dan berhak dipresentasikan pada forum internasional ICACSIS 2018. Terdapat 11 negara yang turut berpartisipasi dan hadir dalam ICASIS 2018 antara lain Jerman, Myanmar, Thailand, Malaysia, Jepang, Bangladesh, Filipina, Indonesia, Australia, Inggris, dan Kroasia. Sejak tahun 2011, ICACSIS telah terindeks oleh SCOPUS yakni salah satu entitas pangkalan data pustaka yang paling dikenal oleh para peneliti dunia. Kembali ICACSIS 2018 ini akan diindeks oleh SCOPUS dan didukung oleh IEEE yaitu Asosiasi Profesional Tingkat Internasional dalam Pengembangan Teknologi, serta Kantor Produk Riset & Inovasi UI, dan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Comment

News Feed