by

PERAN CENDEKIA MUSLIM DALAM MEMELIHARA PERSATUAN DI TAHUN POLITIK [Part 2]

Peran Cendekia Muslim Saat ini

1. Sebetulnya tugas Cendekia Muslim saat ini tidaklah seberat tugas para pendahulu.
2. Cendikia muslim zaman dulu berperan dan bertugas menghimpun persatuan, menyusun kekuatan untuk melawan penjajahan, kebatilan dan ketidak adilan, sedangkan cendikiawan muslim saat ini bertugas dan berperan dalam memelihara persatuan dan melanjutkan perjuangan.
3. Indonesia di era saat ini yang dikenal dengan era post- truth (pasca kebenaran) dan era baru industri 4.0, banyak ancaman-ancaman dari luar maupun dalam tubuh negeri yang merongrong persatuan. Terlebih saat ini Indonesia menghadapi tahun politik 2019 yang rentan akan perselisihan sehingga muncul fitnah-fitnah, Hoax dan konspirasi-konspirasi untuk kepentingan kelompok tertentu yang menimbulkan perpecahan.
4. Menyikapi kondisi yang ada, cendikiawan muslim harus bersikap netral dan menjadi peredam terhadap perselisihan yang terjadi, mengedepankan literasi dan tetap berpijak pada landasan ilmu yang kuat. Menentukan pilihan berdasarkan data, ilmu, dan munajat kepada Rabbnya agar senantiasa diberikan petunjuk dalam menentukan pilihan. Sehingga pelihan jatuh ditangan yang tepat dan persatuan dan kesatuan akan terus terawat.
5. Karakter Cendekia Muslim zaman dulu yang perlu diteladani cendikia muslim saat ini adalah : Selalu berproses menghimpun karakter diri (memperbaiki diri) hingga mati, ketundukan pada kebenaran, Sabar dalam menghadapi persoalan dan menjadi pembelajaran abadi.

Hasil Kajian Misykat Bidang Pengkajian Ilmiah Himmpas UGM 2018 oleh NURUL HIDAYAT, S.Pt., M.Kom

Comment

News Feed