by

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP IT Abu Bakar Yogyakarta (ABY) TA. 2019-2020

iKabari.com – SMP  IT Abu Bakar Yogyakarta (ABY) Mengawali tahun pelajaran 2019-2020 mengadakan kegiatan Masa Orientasi Sekolah . Bertempat di Komplek Yayasan Mulia Yogyakarta, SMP  IT Abu Bakar Yogyakarta mengadakan kegiatan MPLS atau Masa Orientasi Siswa (MOS) untuk siswa/i tahun ajaran 2019/2020. Pada tanggal 29 – 30 Juni 2019 dilaksanakan pra MPLS yang dilaksanakan oleh sekolah untuk menginformasikan kepada peserta MOS untuk membawa perlengkapan yang akan digunakan pada kegiatan MOS yang berlangsung Senin-Jumat  (1-5 Juli 2019). Kegiatan ini bertemakan “Welcome to SMP  IT Abu Bakar Yogyakarta”. Prinsip pelaksanaan kegiatan MPLS SMP IT Abu Bakar Yogyakarta diantaranya yaitu:

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT
  2. Persatuan dan Kesatuan
  3. Budi Pekerti
  4. Disiplin
  5. Mendidik dan Melatih
  6. Kekeluargaan dan Kebersamaan
  7. Tidak ada unsur menyiksa dan balas dendam

Adapun bentuk-bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan MPLS kali ini adalah:

  1. Kegiatan di dalam kelas (ruangan)

Pemberian Materi :

  • Sekolah
  • Peraturan
  • Belajar (KBM, kurikulum dan cara belajar)
  • Agama (kurikulum dan kegiatan Al-Azhar Jambi)
  • Bakat dan Minat (pengembangan diri/ekstrakurikuler)
  1. Kegiatan di luar kelas (luar ruangan)
  • Ceramah
  • Simulasi untuk melatih sikap kritis, kepekaan dan semangat
  • Pengumpulan snack
  • Games (permainan) untuk menumbuhkan nilai disiplin, berani, mandiri, persaudaraan, jujur, hemat dan tanggung jawab.

MPLS di SMP IT ABY boleh dikatakan berbeda dari MPLS yang ada di sekolah lainnya , apa saja perbedaannya ? Kita lihat lagi yuk?

Siswa/i baru SMP IT ABY pada pra MPLS tanggal 29-30 Juni 2019, diarahkan oleh panitia OSIS bagian seksi acara untuk membawa pelengkapan atribut MPLS diantaranya :

  1. Balon gas satu warna yang dituliskan cita-cita mereka masing-masing dan balon ini akan serentak diterbangkan bersamaan ketika acara pembukaan MOS. Acara pembukaan MOS pun berjalan sesuai dengan yang diharapkan, diawali dengan upaca pembukaan yang langsung dibuka oleh kepala sekolah SMP IT ABY oleh Ustadz Herry …..Sukses deh pokoknya! Setelah itu Kepala SMP IT ABY dan seluruh guru ikut melepaskan balon yang bertuliskan cita-cita mereka. Dengan harapan semoga mereka nanti dapat mewujudkan cita-cita mereka.
  2. ……………..oleh masing-masing siswa, kemudian ditulis nama dan akan diletakan di depan kelas mereka masing-masing dan pot yang satunya lagi akan diberikan kepada tiap kelas yang belum memilikinya. Kreatifkan? Hehe.
  3. Panitia OSIS akan memberikan ………………… ……………….dituliskan oleh setiap siswa/i baru dan mereka akan menuliskan kesan dan pesan mereka di atas kain dengan menggunakan dua bahasa (Inggris dan Arab), yang hasilnya nanti akan di arsipkan oleh OSIS.

Seluruh rangkaian kegiatan acara dipersiapkan dengan sangat matang oleh OSIS SMP IT ABY. Rangkaian kegiatan seperti yang di tuliskan di atas mengalir dengan muara pemahaman dan konsep mental diri sesuai dengan visi dan misi  dari budaya sekolah. Nah, konsep mental ini pun diwujudkan dengan kegiatan outbond yang dilakukan di luar lapangan.

OSIS membagi menjadi sembilan pos yang tiap-tiap pos di beri penangung jawab dari OSIS dan guru juga loh  dan outbond ini berjalan sangat seru dan menyenangkan.Kemudian bagaimana cara dan langkah dalam mencapai atau mewujudkan tujuan yang sama? Tentunya  dengan membuat konsep satu tujuan yang sama semua warga sekolah berjalan bersama  dengan arah dan tujuan untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan yang sama juga. Ini langsung disampaikan oleh ketua MPLSSMP IT ABY.

Dengan diadakannya kegiatan tahunan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT; menanamkan sikap disiplin, berani, jujur, hemat, persaudaraan dan mandiri kepada siswa dan memperkenalkan lingkungan dan program-program sekolah kepada siswa baru untuk mempermudah anak didik dalam mengikuti tujuan sekolah.

Comment

News Feed