by

Siapkah Perguruan Tinggi Anggota APTIKOM melakukan Transformasi Digital ?

APTIKOMNews – Bidang PJJ dan MOOC APTIKOM menyelenggarakan Seminar PJJ, MOOC dan LSP APTIKOM tahun 2019 yang pertama. Acara yang diselenggarakan dengan host Universitas AMIKOM Yogyakarta dan dilaksanakan di Grand Keisha Hotel Yogyakarta pada tanggal 16 Juli 2019. Seminar diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari Ketua Yayasan, Pimpinan Perguruan Ttinggi, Ketua Program Studi, Divisi e-learning dan dosen dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
Acara di buka oleh Ketua Bidang Otonom, AT Hanuranto, MT., pria yang akrab dipnggil “Pak AT” dalam sambutannya mengatakan bahwa acara tersebut merupakan rangkaian dari ekosistem bagi tranformasi pembelajaran digital. Kedepan Aptikom di harapkan menjadi traffic aggregator atau clearing house bagi credit earning bahkan bagi sertifikasi kompetensi.
Pada kegiatan ini hadir sebagai pembicara, Bapak Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Beliau dengan gamblang menjelaskan tentang regulasi PJJ, konsep pembelajaran jarak jauh, persyaratan penyelenggaraan dan potensi pelaksanaan dimasa yang akan datang. Pembicara lain yaitu Tim PJJ dan MOOC APTIKOM yaitu Dr. Kusrini, M.Kom, Anggoro Suryo Pramudyo, M.Kom dan Rangga Firdaus, M.Kom. Tim PJJ dan MOOC APTIKOM membahas tentang dukungan pembelajaran online yang disediakan APTIKOM baik untuk PJJ maupun MOOC. Tim juga membahas peluang kerjasama perguruan tinggi dengan APTIKOM dalam menyelenggarakan pembelajaran online. Pada seminar ini juga hadir Tim LSP Informatika yang menceritakan keperluan dan peluang kolaborasi pembelajaran online dengan memanfaatkan MOOC APTIKOM yang beralamatkan di mooc.aptikom.or.id yang dikolaborasikan dengan uji sertifikasi kompetensi. Pembicara lain yaitu Dr. Sri Suning Kusumawardani, ST, MT. dari Universitas Gadjah Mada memaparkan pengalamannya dalam pengelolaan e-learning UGM, Ranggga Firdaus juga memberikan materi terkait hal lain yang berhubungan dengan Pembuatan Konten Mata Kuliah Daring hingga peluang berbagi hibah, seperti hibah Inovasi Pembelajaran, Buku Ajar, Studenct Center Learning hingga pembentukan PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) bagi kampus yang akan membangun PJJ.
Seminar ditutup dengan penandatanganan MOU antara perguruan tinggi dengan APTIKOM untuk bersama berkolaborasi dengan MOOC APTIKOM baik sebagai kontributor konten ataupun sebagai peserta pelatihan atau matakuliah online.
Kegiatan seminar akan dilanjutkan dengan Workshop PJJ dan MOOC pada tanggal 17-18 Juli 2019 di tempat yang sama. Kegiatan serupa juga akan digelar di beberapa tempat yang lain, salah satunya di Palembang pada bulan Agustus 2019. Bidang PJJ dan MOOC APTIKOM juga menawarkan kepada APTIKOM Provinsi atau Perguruan Tinggi untuk berperan serta sebagai host dalam penyelenggaraaan kegiatan serupa.
Seminar dan Workshop PJJ, MOOC dan LSP diharapkan menjadi pintu gerbang terwujudnya Kuliah Daring dan Pemanfaatan E-Learning pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dalam Kerangka Sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan Massive Open Online Course menuju SDM TIK bersertifikasi kompetensi sebagai alternatif pembelajaran di Era Revolusi Industru 4.0. Siapkah PT Anggota APTIKOM melakukan Transformasi Digital, bagaimana dengan kesiapan Perguruan Tinggi Anda ?

Dalam hari ke-2 dan ke-3 diadakan workshop bagaimana mengoptimalkan atau optimasi Learning Management System yang ada, dengan berbagai platform dari mulai membuat design instructional.

Comment

News Feed