by

Lokakarya Kurikulum Program Studi Teknik Informatika UNSOED

iKabari – Jurusan Teknik Informatika Fak. Teknik UNSOED menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum, yang bertujuan untuk membenahi dan menyempurnakan kurikulum yang ada guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat dan tren yang terjadi di pasar di masa mendatang, mengingat teknologi sistem informasi saat ini berkembang sangat pesat. Lokakarya ini diikuti oleh seluruh dosen dan laboran teknik informatika dengan mengundang Tenaga Ahli dari Ilmu Komputer DIKE MIPA UGM yaitu Prof. Suhartati  bertempat di ruang rapat lt 2 Gedung Dekanat.

Program Studi Teknik Informatika  terus berupaya untuk meningkatkan mutu dan pelayanannya, baik dari segi fasilitas maupun peningkatan mutu mahasiswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Workshop Lokakarya Kurikulum guna melengkapi, meng-update serta mengevaluasi kurikulum yang telah berjalan di Jurusan Teknik Informatika Fak. Teknik UNSOED.

Kegiatan diskusi para dosen bersama tenaga ahli dalam rangka evaluasi kurikulum Jurusan Teknik Informatika Fak. Teknik UNSOED

Sebagai salah satu cabang ilmu terapan, Teknik Informatika merupakan prodi dengan model pembelajaran yang terus berkembang dan mengalami perubahan dengan sangat cepat. Demi mengejar dan menyesuaikan perkembangan tersebut, dalam acara workshop lokakarya kurikulum ini,Jurusan Teknik Informatika Fak. Teknik UNSOED mengundang langsung salah seorang pakar dan Asesor BAN PT, beliau adalah Prof. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D yang juga selaku Ketua Indoceiss. Sebagai seorang pakar dan Asesor yang setiap hari berkecimpung di dunia pendidikan ilmu komputer, masukan-masukan beliau sangat berarti bagi perkembangan Jurusan Teknik Informatika Fak. Teknik UNSOED kedepannya.

Tantangan bagi mahasiswa IT di dunia kerja

Dalam kegiatan workshop lokakarya kurikulum yang diadakan di Kampus Blater Unsoed pada tanggal 7 Oktober 2019 tersebut, bapak Prof Sri Hartati, M.Sc., Ph.D, memaparkan bahwa kompetensi lulusan kampus IT di zaman milenial ini semakin beragam, dimana setiap industri IT ditantang untuk selalu siap dan agile dalam menerima dan menghadapi semua tantangan dan keinginan client, maka dibutuhkan juga skil-skil mahasiswa yang mumpuni dalam menjalankan roda industri startup tersebut.

Menghadapi situasi tersebut, kampus dan program studi, sebagai wadah pembinaan bagi calon-calon sarjana IT diharapkan mampu memenuhi dan membekali setiap mahasiswanya dengan kemampuan atau skil yang sesuai dan dibutuhkan oleh para pegiat industry IT, dengan demikian setiap individu dari mahasiswa tersebut akan mampu bersaing di dunia kerja setelah lulus nanti.

Penyerahan kenang-kenangan kepada Prof. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D Selaku Tenaga Ahli dalam acara workshop lokakarya kurikulum program studi teknik informatika

Hasil Workshop Lokakarya Program studi Teknik Informatika:
Pembaharuan Kurikulum adalah mutlak diperlukan

Setelah mendengarkan dan berdiskusi dengan para stakeholder, maka timbul kesadaran bahwa kurikulum di Jurusan Teknik Informatika Fak. Teknik UNSOED harus disesuaikan dan dipersiapkan dalam menghadapi dunia kerja di zaman milennial, kurikulum diharapkan mampu mendongkrak kemampuan mahasiswa baik individu maupun teamwork dalam menyelesaikan setiap permasalahan di bidang IT. Kurikulum harus dinamis dan tidak kaku, sehingga dalam menghadapi industry dunia IT yang sangat pesat ini, kampus atau prodi akan selalu siap dalam mendidik mahasiswanya dengan kurikulum keilmuan terbaru. [ENHA]

Comment

News Feed