by

Nature Research Academies Workshop 2019 di UGM

iKabari – Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM menyelenggarakan Nature Research Academies Workshop 2019 pada Rabu (9/10) pagi. Bertempat di Ruang Seminar Lt. 5 Gedung Pascasarjana UGM, workshop ini merupakan hasil kerja sama antara BPP dengan Nature Research.

Para peserta yang hadir merupakan para dosen dan mahasiswa s2/s3 yang berasal dari berbagai fakultas di UGM.  Selama dua hari, yakni 9-10 Oktober 2019, mereka akan mempelajari bagaimana penulisan jurnal yang sesuai dengan standar Internasional.

drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, menyatakan apresiasinya atas penyelenggaraan workshop ini. Menurutnya, kegiatan ini memang sedang dibutuhkan UGM dan para mahasiswa berbagai fakultas yang juga dosen dan peneliti kebanyakan.

Ika menyatakan bahwa UGM sejak didirikan selalu berupaya untuk memberi dampak nyata bagi masyarakat dan khasanah perkembangan keilmuan. Hal itu baik melalui penelitian maupun pengabdian masyarakat. Namun, kebanyakan pencapaian itu hanya berdampak dalam lingkup nasional saja. “Untuk mencapai tingkat internasional, UGM mengalami kendala bahasa, utamanya dalam penulisan,” ungkap dosen Fakultas Kedokteran Gigi ini.

Menurut Ika, standar untuk penulisan publikasi ilmiah atau jurnal internasional berbeda dengan Indonesia. Oleh karena itu, ia berharap dengan adanya workshop ini akan mampu memperbaiki kualitas penulisan jurnal di UGM agar bisa menembus tingkat internasional.

“Dengan terpublikasi ke dunia internasional maka ide-ide cemerlang yang dihasilkan oleh sivitas akademika UGM selama ini akan dapat diketahui dengan skala yang lebih luas. Demikian pula, dampak yang dihasilkan akan semakin luas pula. Hal itu juga akan mengharumkan nama bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Comment

News Feed