by

JDC Gelar Workshop Fotografi Smartphone

iKabari –  Sabtu, 12 Oktober 2019 Jogja Digital Clinic (JDC)  yang berlokasi Raja Resto Yogyakarta, Jl. Ringroad Selatan, Bangunharjo, Sewon, Kota Yogyakarta mengadakan Workshop Fotografi dengan smartphone. Workshop ini dimulai pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh 13-an peserta. Tetapi pada jam 09.30 sudah banyak yang datang karena mereka sangat antusias dengan workshop ini. Peserta yang datang juga dari kalangan yang berbeda-beda, tapi kebanyakan mereka adalah pelaku bisnis baik offline maupun penjual online shop yang ingin barangnya tampil lebih menarik dan bisa menambah penjualan mereka.

Kemajuan Teknologi belakangan ini sangatlah pesat mulai dari mulai kamera digital yang semakin kecil, canggih dengan kualitas sensor yang besar dan memiliki Wifi sampai dengan smartphone yang kita miliki juga punya kamera yang kualitasnya sangat baik. Dengan itu kita sangat di mudahkan untuk memindahkan hasil foto kita ke Smartphone atau Tablet untuk di post ke media sosial ataupun keperluan lainnya.

Pastinya kita ingin foto terlihat menarik saat di upload ke media sosial. Smartphone Photography atau seni memotret dengan ponsel kian diminati. Memotret dengan ponsel lebih simpel, murah, hasilnya bisa langsung diunggah dan dilihat banyak orang di media sosial.

Agung, Red Carpet Photoworks sekaligus UMKM Photographer Jogja selain kebiasaanya memotret menggunakan kamera DSLR dan Mirrorless beliau juga hobi memotret dengan ponsel dan mengunggah hasilnya ke media sosial. Materi Pertama yang disampaikan mengenai Konsep, Tip dan Trik Memotret dan persiapan alat serta subjeknya, dengan diberikan sebuah contoh-contoh hasil jepretannya. Pembicara kedua Sulaiman, Camera Person Dakta TV Media Pemersatu Umat dan Videografer Amazing Production Jakarta, lebih ke praktek menggunakan Kamare Ponsel untuk memotrek Produk. Meski dengan ponsel, foto-foto yang kita tampilkan harus tetap harus menarik. Jangan mau kalah dengan hasil yang memakai kamera profesional. Kalau masalah kualitas, sebenarnya dengan menggunakan ponsel kualitasnya bisa sama bagusnya dengan menggunakan kamera profesional, asalkan kita mengetahui trik dan cara pengambilan fotonya.

Nah pada kegiatan workshop yang sering diisinya membahas tentang berbagai ilmu fotografi, dan untuk workshop yang akan di bahas kali ini adalah mengenai ponsel photograhy. Tujuan diadakannya workshop ini agar para fotografer pemula dan juga masyarakat umum mengetahui seluk beluk ilmu fotografi ponsel, guna membantu aktivitas mereka saat dalam bisnisnya untuk menampilkan dengan hasil jepretannya ke masyarakat.

Banyak yang bertanya tentang teknik memotret. Memakai kamera apa? Banyak orang mengira semua hasil foto yang keren dan bagus itu selalu diambil menggunakan dengan kamera profesional. Banyak yang tidak percaya, jika hanya menggunakan ponsel. Dari situlah para pembicara mulai berbagi kiat dan langkah memotret dengan ponsel.

 

Pada workshopnya di jelaskan bagaimana memilih sudut yang tepat, memanfaatkan sinar matahari dan mengatur komposisi objek dengan proporsional. Hanya latihan yang membuat sempurna,selain itu foto juga harus memiliki tema. Dengan penguasaan teknik fotografi yang benar, sudut pengambilan yang pas, pencahayaan yang tepat, serta fokus yang tepat, sebuah foto akan menjadi media penyampai pesan yang kuat meski pengambilannya hanya menggunakan ponsel.

 

Inti dari ponsel photography adalah bagaimana kita menghasilkan foto yang memiliki makna atau cerita menarik, didukung dengan komposisi dan sudut yang rapi dan tak kalah menarik meski hanya menggunakan ponsel. Jangan takut untuk mengeksplor ilmu dan kemampuan yang sudah kita punya, dan tak perlu kaku dalam mengaplikasikan teknik fotografi.

Acara ini diharapkan bisa memberikan pengalaman dan ilmu baru, sekaligus memberikan penyegaran bagi peserta di tengah sibuknya pekerjaan setiap hari. Kedua Pembicara sendiri berharap setelah workshop fotografi ini selesai, para peserta dapat senantiasa menumbuhkan kreativitas dan semangat memotret walau hanya menggunakan ponsel.

Hasil Jepretan Peserta Saat Workshop “Al Qur’an Tulis Follow the Line” sebuah Branding Baru online Marketing www.qurantulis.com

Comment

News Feed