by

Damai Indonesiaku

iKabariNews – Dirgahayu Indonesia 75 tahun. Dalam usia 75 tahun kemerdekaan dan masa pandemi Covid-19 membuat Dosen Fapet Unsoed Ir. Kusuma Widayaka, MS. (Kusuma) terlecut untuk menciptakan lagu ciptaannya sendiri “Damai Indonesiaku”, ungkap Humas Dies Natalis Fakultas Peternakan (Fapet) Unsoed ke-54 Ir.Alief Einstein,M.Hum. saat mendampingi pemaparan Kusuma yang melaunching video klip baru.

Menurut Einstein, Kusuma yang telah berkecimpung di dunia musik sejak usia remaja, sudah mengeluarkan 26 lagu karya sendiri. Selanjutnya, Einstein mengatakan pada kehidupan di masa normal baru akibat pandemi Covid-19 yang mengilhami Kusuma membuat lagu “Damai Indonesiaku” ini merupakan bukti keseriusannya dalam melihat kehidupan yang dihadapi sekarang.
Einstein menambahkan pada tanggal 17 Agustus 2020 Kusuma melaunching video klip baru sambil memperingati HUT RI ke-75. Launching lagu barunya itu diunggah ke sosial media.

Kusuma mengatakan bahwa video klip tersebut merupakan sumbangsihnya kepada negara sesuai dengan hobi Kusuma, di antaranya petualang, nyanyi, bersepeda, dan sekaligus mensyukuri.
Pemeran video klip itu Kusuma sendiri, adapun latar belakang bersepeda menurut Kusuma yakni sekaligus untuk ajakan kebaikan terus berolahraga, dalam hal ini hobi Kusuma bersepeda dengan kostum khusus yang nuasa merah putih. Apalagi saat ini berolah raga sebagai salah satu yang dianjurkan pada masa pandemi ini selain protokol kesehatan jaga jarak, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, pakai masker dan jangan lupa nutrisi tambahan agar tetap sehat. Ide bersepeda sebagai solusi transpotasi dan polusi udara serta fenomena banyak orang bersepeda saat ini agar dapat berkelanjutan di masa yang akan datang, kata Kusuma.
Kemudian Kusuma memaparkan bahwa saat pandemi Covid-19 ada persoalan ekonomi, untuk itu pada “ending” video klip itu disajikan ajakan untuk berbagi. Seandainya banyak orang mau berbagi, sedikit demi sedikit kesulitan ekonomi akan terurai, papar Kusuma.
Selanjutnya Kusuma menjelaskan : “video itu mampu memberikan pengaruh baik kepada para pendengarnya bahwa Indonesia yang damai dengan seluruh isinya baik alamnya, manusianya, budayanya, suku bangsanya, dan lainnya yang tercermin pada lirik lagunya. Bahkan dalam vidio klipnya, lagunya berirama langgam : iramanya adem, ayem, tenteram, menyejukan, mengendalikan emosi, sehingga harapan damai Indonesia tercapai. Sekaligus, irama langgam musik khas Indonesia. Langgam juga memberi suasana nglaras, santai, enak didengar, dan nikmat.
Einstein mengatakah, Kusuma tak hanya menunjukkan kemampuan vokal, dari segi musik, lagu yang diciptakan oleh Kusuma ini juga lebih menunjukkan kemampuannya dalam menyampaikan pesan melalui kata-kata sederhana. Berikut lirik langgam “Damai Indonesiaku” :

Lirik Langgam Damai Indonesiaku :

Indah pesona alammu
Gemah ripah loh jinawi
Ribuan pulan nan subur
Jamrut katulistiwa sebutannya

Aneka macam suku bangsa
Berbeda beda budaya
Dari Sabang sampai Merauke
Bhineka Tunggal Ika semboyannya

Ramah tamah pergaulannya
Gotong royong dan toleran
Tenang tenteram bermasyarakat
Damai Indonesiaku.

Comment

News Feed