by

Mahasiswa Baru Unsoed tahun 2020-2021, Pecahkan Rekor MURI

ikabari.com. Penerimaan Mahasiswa Baru Unsoed
Sebanyak 4.821 mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman (Unaoed) Purwokerto dikukuhkan dalam Sidang Terbuka Senat Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020 di Auditorium Graha Widyatama Unsoed, Selasa (8/9). Kegiatan kali ini diadakan secara daring dengan sistem perwakilan mahasiswa dari tiap fakultasnya, ungkap Tim Promosi Unsoed, Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq,M.Sc.Agr. mengatakan, mahasiswa yang diterima ini merupakan hasil dari tiga tahap seleksi yaitu Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri. Jumlah total mahasiswa yang diterima tersebut juga telah ditambahkan 14 mahasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) Dirjen Dikti Kemendikbud.
Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Suwarto,MS., dalam sambutannya mengajak para mahasiswa baru untuk memanfaatkan sebaik-baiknya waktu selama di Unsoed, untuk mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi agar nantinya dapat berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. “Apabila kita mampu berkontribusi, maka kita akan menjadi pribadi yang selalu dibutuhkan, dan tentunya hal ini akan semakin membuat kita yakin dan percaya, bahwa kita adalah pribadi yang bermanfaat,” Rektor menegaskan. Tak lupa, Rektor juga mengajak para mahasiswa baru, untuk dapat belajar dari sosok Panglima Besar Jenderal Soedirman. “Teladan yang beliau berikan, berupa nilai-nilai kejuangan seperti kejujuran, kepedulian, dan semangat pantang menyerah, seyogyanya dapat diinternalisasi, baik dalam konteks sebagai insan akademik maupun di dalam kehidupan kita sehari-hari,” imbuhnya.
Secara simbolis penerimaan mahasiswa baru ditandai dengan pemakaian jas almamater secara serentak oleh perwakilan mahasiswa yang diikuti dengan pemberikan Surat Keputusan Rektor kepada Para Dekan dan Direktur Pascasarjana.

B. Talkshow dan Rekor MURI
Usai pelaksaan Sidang Terbuka Senat Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020, Unsoed menggelar dua acara sekaligus. Bertempat di Gedung Graha Widyatama, Selasa (8/6), digelar Talkshow dan kegiatan pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Kegiatan yang diinisasi oleh Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Unsoed ini dimulai dengan Talkshow Kolaborasi Lintas Generasi yang diisi oleh dua narasumber yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta CEO dan Co-Founder Kitabisa.com Muhammad Alfatih Timur.

Usai Talkshow, dilanjutkan dengan acara kegiatan pemecahan rekor MURI yaitu “Menyanyikan Lagu Nasional Terbanyak oleh Kelompok Mahasiswa secara Virtual” Dalam pelaksanaannya Pembacaan Sumpah pemuda dibagi menjadi 3 kelompok, sementara menyanyikan lagu nasional dibagi menjadi 17 kelompok yang masing-masing kelompok menyanyikan satu lagu nasional dan dilakukan secara bergantian. Lagu nasional yang dibawakan saat MURI ini di antaranya adalah Indonesia Raya ciptaan WR. Supratman, Bagimu Negeri ciptaan Kusbini, Nyiur Hijau ciptaan Maladi, Rayuan Pulau Kelapa ciptaan Ismail Marzuki. Desaku ciptaan Ibu Sud, Halo-Halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki, Dari Sabang sampai Merauke ciptaan R Suharjo, Maju Tak Gentar ciptaan C.Simanjuntak, Bendera Merah Putih ciptaan Ibu Sud, Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud, Tanah Airku ciptaan Ibu Sud, Satu Nusa Satu Bangsa ciptaan L.Manik, Bangun Pemudi Pemuda ciptaan A.Simanjuntak, Garuda Pancasila ciptaan Sudharnoto, Indonesia Pusaka ciptaan Ismail Marzuki, Indonesia Bersatulah ciptaan A.Simanjuntak, Ibu Kita Kartini ciptaan WR. Supratman kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Ibu Pertiwi ciptaan Ismail Marzuki.

Comment

News Feed