by

PkM Mengoptimalkan Manajemen Sitasi Menggunakan Mendeley Untuk Penulisan Ilmiah Pada Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Mathla’ul Anwar Pandeglang Banten.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang lazim dikenal dengan PkM, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi sebagai salah satu kegiatan yang termasuk dalam kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada Perguruan Tinggi yang berlaku di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (Permendikbud RI No. 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi). Sebagai Upaya dalam memenuhi kriteria tersebut Universitas Bina Insani Bekasi menyelenggarakan PkM Semester Ganjil TA 2020/2021 dengan tema “Mengoptimalkan Manajemen Sitasi Menggunakan Mendeley Untuk Penulisan Ilmiah” bermitra dengan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Mathla’ul Anwar Pandeglang Banten. Kegiatan PkM ini dilaksanakan hari Sabtu 5 Desember 2020 pada pukul 12.45 – 15.00 WIB secara virtual melalui media resmi Universitas Bina Insani, yaitu live YouTube yang dapat diakses pada link https://www.youtube.com/watch?v=51B00ic6UrU dan melalui zoom meeting.

Kegiatan PkM ditujukan bagi Mahasiswa/i dan Dosen di Teknologi dan Informatika Universitas Mathla’ul Anwar dan Dosen dari Fakultas Informatika Universitas Bina Insani, dengan peserta yang berjumlah 44 orang yang mana sebelumnya melakukan pengisian daftar hadir pada link http://bit.ly/sitasimendeley-daftar.

Pemilihan tema tentang Manajemen sitasi menggunakan software Mendeley di perlukan karena ketika melakukan studi di perguruan tinggi baik mahasiswa maupun Dosen, melakukan penulisan karya ilmiah yang dapat berupa skripsi, tesis, disertasi, artikel dikirimkan ke jurnal serta tulisan lainnya. Sitasi menjadi elemen penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah, serta penggunaan software Mendeley memudahkan dalam  membuat  sebuah sitasi yang dikutip maupun membuat daftar pustaka yang  baik dan mudah.

Pada PkM ini, acara dipandu oleh Rita Wahyuni Arifin, S.Kom., M.Kom dengan baik dan dilanjutkan secara interaktif dengan moderator Didik Setiyadi, S.Kom., M.Kom yang juga sekaligus Dekan Fakultas Informatika Universita Bina Insani. Kegiatan dilaksanakan secara runut dan tertib mulai dari  pembukaan pada pukul 12.45 WIB dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hyme Universitas Bina Insani, sambutan Ketua LPPM Universitas Bina Insani Ibu Kristiana Widiawati, S.Pd., M.M, sambutan Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Mathla’ul Anwar Ibu Susilawati, S.Kom. M.Kom. Pada pukul 13.00-15.00 WIB acara memasuki inti kegiatan PkM dengan pemaparan materi narasumber dan interaktif Moderator. Narasumber Endang Retnoningsih, S.Kom., M.Kom menjelaskan bagaimana cara mengoptimalkan manajemen sitasi menggunakan software Mendeley untuk penulisan ilmiah, peserta diberikan panduan berupa modul yang berisi langkah-langkah mulai dari pengenalan pentingya mencantumkan sitasi dalam karya ilmiah, kegunaan mendeley, prosedur pendaftaran akun mendeley, cara download dan install (mendeley desktop), hingga cara menggunakan software mendeley seperti mengenal tampilan antarmuka aplikasi mendeley desktop, menambahkan dokumen kedalam mendeley, mengatur dokumen/library, mencari dan mengimpor dokumen/ konten baru dan yang terpenting adalah cara menyisipkan sitasi dan bibliografi otomatis.

Dengan selesainya pemaparan materi PkM pada pukul 15.00 WIB oleh narasumber, maka untuk mengetahui kebermanfaatan dari kegiatan yang telah dilaksanakan peserta mengisi umpan balik pengisian melalui kuesioner  diperoleh sebanyak 45 orang. Ucapan terima kasih kepada Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Mathla’ul Anwar, sehingga PkM ini dapat terlaksana, Narasumber dan seluruh civitas akademika Universitas Bina Insani yang telah berpartisipasi, akhir kata semoga kegiatan ini dapat bermanfaat.

Comment

News Feed