by

Pendampingan Belajar Daring oleh Mahasiswa KKN MIT DR XI Walisongo Semarang kepada para santri Pondok Pesantren Wasilatul huda

Program KKN MIT (Mandiri Inisiatif Terprogram) DR ( Dari Rumah) angkatan XI UIN Walisongo Semarang dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengabdian kepada masyarakat di tengah masa pandemi COVID-19. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Robit Ikhwan Mahasiswa KKN MIT DR XI Kelompok 07 UIN Walisongo Semarang Prodi Kimia melakukan pengabdian di Pondok Pesantren Wasilatul huda Desa Tamangede Kec. Gemuh Kab. Kendal untuk melakukan pendampingan belajar daring para santri.

Berdasarkan Pedoman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam surat edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran COVID-19, kegiatan sekolah para santri pondok pesantren Wasilatul Huda berbeda sebelum pandemi ini. Mereka harus belajar secara online dipondok pesantren.

Pendampingan belajar ini berpedoman pada bagian lampiran Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 berupa pra pembelajaran, saat pembelajaran dan usai pembelajaran. Para santri yang mengikuti belajar daring ini sudah masuk grup WhatsApp masing-masing sesuai kelasnya. Kemudian, guru secara online memberikan tugas kepada para santri via google classroom, e-learning ataupun media lainnya.

Pendamping belajar dilaksanakan bersama santri tingkat SMP/SMA/SMK atau sederajat melalui sistem edukasi dengan menjelaskan materi yang diajarkan dan belajar bersama saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Pendampingan belajar tersebut disambut baik dan positif oleh para santri. Santri bisa memahami pelajaran yang diberikan oleh guru lewat pendampingan tersebut dan disiplin dalam mengumpulkan tugas sekolah.

Pendampingan dilakukan untuk memberikan social control kepada para santri untuk membantu menjaga produktivitas santri dalam masa pandemi COVID-19 untuk tetap belajar dalam kondisi apapun dan tetap semangat dalam menuntut ilmu. “Kata Robit Ikhwan Mahasiswa KKN MIT DR XI”.

Comment

News Feed