by

PKM PENGENALAN ANDROID DAN PEMBUATAN VIDEO STREAMING DENGAN ANDROID STUDIO PADA SMK TELEKOMUNIKASI TELESANDI BEKASI

Pada era Covid-19 saat ini semakin banyak pengguna atau user yang menggunakan teknologi. Dari orang tua hingga anak kecil menggunakan teknologi sebagai alat media pembelajaran online dimasa pandemi Covid-19. Android saat ini menjadi pilihan bagi perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi berbiaya rendah, bisa dikustomisasi, dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal. Faktor di atas telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan Android, menjadikannya sebagai sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di dunia. Tidak hanya diperusahaan di sekolah pun menggunakan teknologi Android dalam melakukan proses belajar mengajar, namun terdapat keterbatasan dalam memahami teknologi Android hal ini pun dialami oleh siswa-siswa kelas XII dari SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi dimana pembelajaran mengenai Android sudah dilakukan namun mengelami kendala yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pengenalan aplikasi Android Studio yang digunakan dalam membangun Aplikasi Mobile menggunakan Android Studio.
Metode dalam PkM ini dengan sasaran utama adalah siswa-siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak kelas XII pada SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, dimana terdapat 1 orang Narasumber, 1 orang Moderator dan 2 orang Techinal Support. PkM dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2021 yang bertempat di kediaman masing-masing peserta. PkM dilakukan dengan memberikan pelatihan dan demonstrasi kepada peserta dalam pembuatan video streaming dengan Android Studio dengan dukungan media online berupa zoom (https://zoom.us/j/92753497058?pwd=Sm1YcmVqUGNWbVpmdmFQSm80ZCtOdz09), YouTube https://www.youtube.com/watch?v=quxHJwd5SlU dan Link Google Drive. Luaran dari PkM ini adalah Streaming YouTube dan Jurnal PkM Terindeks Sinta Ristek BRIN.
Adapun hasil umpan balik yang diberikan oleh peserta terhadap pertanyaan materi yang disampaikan oleh narasumber hasilnya adalah 56,6% yang memberikan respon baik sekali, hasil pertanyaan respon peserta terhadap materi yang disampaikan sebesar 56,6% baik, hasil pertanyaan hubungan materi yang disajikan dengan kebutuhan peserta sebesar 48,7% baik, hasil pertanyaan keterkaitan antara materi dengan aplikasi yang dapat diserap oleh peserta sebesar 50% baik sekali, hasil pertanyaan keterkaitan materi dengan kebutuhan sebesar 47,4% baik, hasil pertanyaan teknik penyajian pemateri sebesar 51,3% baik, hasil pertanyaan waktu yang digunakan oleh pemateri sebesar 50% memberi respon baik, hasil pertanyaan kejelasan materi sebesar 52,6% jelas, hasil pertanyaan minat peserta sebesar 56,6% baik, dan tingkat kepuasan secara keseluruhan sebesar 55.3% memberi respon puas terhadap kegiatan pelatihan.

Comment

News Feed